Mau Liburan Tapi Tak Punya Uang? Ini 5 Trik Atasinya

Tampilan

(foto: google)

Bersantai di pantai, mengunjungi tempat-tempat eksotis atau menikmati segarnya pegunungan menjadi agenda yang banyak orang ingin lakukan saat hari liburan tiba.

Akan tetapi, hal ini ternyata tidak mudah untuk bisa diwujudkan. Apalagi ketika biaya untuk liburan tidak kecil nominalnya. Bisa punya cukup uang untuk pergi liburan memang jadi impian banyak orang. Meski tak mudah, ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan.

Berikut ulasannya melansir cheatsheet.com.

1. Menabung otomatis

Anda bisa lebih disiplin dalam menabung bila dilakukan secara otomatis, tanpa harus bersusah payah untuk mentransfer dana ke rekening. Fasilitas ini bisa Anda manfaatkan di banyak bank.

2. Berhemat dari pangkas biaya transportasi

Umumnya, biaya transportasi menjadi salah satu pos pengeluaran tertinggi. Jika ingin hemat, pertimbangkan opsi hemat biaya transportasi Anda. Gunakan transportasi umum yakni bus Trans Jakarta, Metromini atau ojek motor ketimbang Anda berkendara ke kantor. Jika jarak tempat tinggal dan tempat bekerja atau sekolah dekat, Anda bisa berjalan kaki.

3. Jual barang-barang bekas

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk berhemat demi biaya liburan adalah dengan menjual barang-barang bekas. Saat Anda ingin menjual barang bekas, pastikan barang yang ingin Anda jual tersebut kondisinya masih bagus atau setidaknya layak pakai. Karena apabila Anda menjual barang dengan kondisi yang cacat, buruk atau bahkan tidak bisa digunakan, maka jarang orang yang ingin membelinya.

4. Tahan keinginan makan di restoran

Dengan membeli makan di luar yaitu kafe, restoran,dan warung, tentu Anda akan lebih boros karena harganya lebih tinggi. Agar uang untuk liburan bisa cepat terkuumpul, Anda bisa membawa makanan sendiri dari rumah.

5. Belanja dengan uang tunai

Usahakan untuk menggunakan uang tunai ketika berbelanja. Agar Anda bisa berhemat, hitung dulu berapa jumlah pengeluaran maksimal Anda dalam seminggu, lalu ambil uang sejumlah tersebut dari akun Anda.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Fiscal Femme, menggunakan kartu kredit untuk aplikasi transportasi online atau terbiasa menyimpan kredit pada aplikasi tersebut justru membuat Anda lebih boros. Tak hanya itu, menggunakan uang tunai juga membuat Anda lebih mudah mengetahui ke mana habisnya uang yang Anda miliki.


source: bisnis.liputan6.com